Trend Desain, Interior & Eksterior
Desain Japandi, Rumah Kekinian Gaya Jepang
Desain Japandi, Rumah Kekinian Gaya Jepang

Desain Japandi, Rumah Kekinian Gaya Jepang

Gaya rumah kekinian dari Jepang desain dan karakteristik memang berbeda. Ada banyak desain interior yang bisa kamu pilih sesuai selera. Namun, jika kamu menginginkan desain interior yang simpel, estetis, fungsional, dan luas, Japandi Design sangat cocok untuk rumah Anda, bahkan untuk apartemen kecil sekalipun.

Saat ini, Kania mengulas desain Japandi secara keseluruhan, serta berbagai gaya yang termasuk dalam kategori desain Japandi.

Filosofi dan Ciri Khas Gaya Rumah Japandi


Desain Japandi mewariskan dua konsep berbeda, yaitu Wabi-Sabi dan Lagom. Wabi-Sabi adalah filosofi budaya Jepang yang berarti keindahan dalam ketidaksempurnaan. Pada saat yang sama, lagoma adalah filosofi Skandinavia, yang dalam banyak hal merupakan gaya hidup yang seimbang, dalam artian tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit.

Melalui kolaborasi kedua filosofi tersebut, Japandi juga mengusung konsep gaya hidup yang esensial dan berfokus pada kebutuhan hidup efisien. Dengan konsep gaya yang terlihat sederhana, serbaguna dan estetis, desain Japandi yang sesuai dengan gaya hidup dan sifatnya yang hemat ruang membuatnya cocok untuk digunakan di rumah dengan berbagai ukuran, memaksimalkan fungsi ruangan dan menghemat ruang.

Dalam penerapannya, Jepang memiliki karakter tersendiri yang membedakannya dengan gaya interior lainnya. Pada model gaya Jepang, penggunaan material alami seperti kayu atau tanah liat lebih mendominasi.

Selain itu, bahan mulia seperti linen atau katun menjadi tambahan aksen. Nah, bahan-bahan tersebut biasanya menggunakan warna-warna lembut seperti putih atau krem ‚Äč‚Äčagar terlihat bersih dan ringan. Jika berbicara tentang furnitur, desain Japandi identik dengan penggunaan furnitur multifungsi yang hemat ruang, sehingga gaya dekorasi ini sangat cocok untuk rumah dengan ruang terbatas.

Selain style yang hemat ruang dan serbaguna, model Japandi juga fleksibel untuk dikembangkan. Untuk mengetahui lebih lanjut, Tim Dekohomy mengajak Anda untuk melihat empat gaya atau sub gaya Jepang yang dapat kita aplikasikan, yaitu:

Natural Japandi
Seperti namanya, Japandi Natural menekankan tampilan alami rumah melalui penggunaan furnitur kayu berwarna terang atau sedang. Misalnya, oak, jati, dan kenari ringan untuk digunakan pada set kursi makan, dapur, atau pembatas ruangan.

Selain itu, penggunaan warna-warna terang dan netral pada kain dan dinding seperti krem, krem, abu-abu muda mendukung interior alami tersebut. Desain natural Jepang juga seringkali diperkaya dengan menempatkan pot tanaman dalam ruangan untuk menambah efek cantik dan natural.

Desain Japandi, Rumah Kekinian Gaya Jepang

Modern Japandi
Ada juga gaya Jepang modern yang memadukan tidak hanya estetika tetapi juga keanggunan dan kemewahan. Pada gaya Jepang modern ini, warna gelap seperti hitam, abu-abu tua, dan biru tua biasanya digunakan untuk dinding dan furnitur. Gaya Jepang modern juga ditandai dengan motif marmer yang ditempatkan secara strategis dan adanya aksen emas, namun tanpa berlebihan dalam penampilan. Ada pula aksen kayu medium hingga gelap yang menjadi kesatuan.

Rumah Kekinian Gaya Jepang Modern Japandi

Clasic Japandi
Berikutnya adalah gaya klasik Jepang yang menghadirkan aksen lebih dinamis seperti lekukan, profil dinding, penggunaan bentuk dan motif yang dekoratif, serta penggunaan warna-warna pastel yang memberikan kesan lembut namun tetap menawan. Pada gaya Jepang klasik, warna-warna netral juga sering digunakan untuk furnitur, misalnya putih yang dipadukan dengan kayu berwarna terang atau sedang.

Rumah Kekinian Gaya Jepang Clasic Japandi

Industrial Japandi
Yang terakhir adalah gaya Jepang industrial yang mengusung konsep ruangan dengan kesan maskulin, berani, kuat, namun tetap sederhana. Gaya Jepang ini memiliki karakter yang erat kaitannya dengan interior industrial, penggunaan bahan baku seperti besi hitam tebal, kayu sebagai bata ekspos. Selain itu, digunakan pula furnitur multiguna yang terbuat dari kayu engineered medium-dark yang bentuknya kompak sehingga menghemat tempat.

Rumah Kekinian Gaya Jepang Industrial

Bagaimana? Kamu tertarik untuk mengadopsi desain interior khas Jepang yang simpel namun estetik? Temukan beragam furnitur multifungsi dan ekonomis untuk mendukung desain interior Japandi Anda di Dekohomy. Bangun rumah yang nyaman untuk membuat momen keluarga Anda lebih berkesan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *